Kegiatan Ekstrakurikuler Polisi Cilik MI. Miftahul Huda

POLISI CILIK - MI MIFTAHUL HUDA

Pendidikan karakter merupakan usaha yang terencana untuk mewujudkan proses pemberdayaan dan  pembudayaan  potensi  siswa,  guna  membangun  karakter  siswa  secara  pribadi  maupun  kelompok yang baik sebagai warga negara. Pendidikan karakter sebagai mengembangkan nilai-nilai budaya dan karakter  bangsa  pada  diri  siswa  sehingga  siswa  memiliki  nilai  dan  karakter  sehingga  siswa  dapat menerapkan nilai-nilai tersebut ke dalam kehidupan dirinya sebagai masyarakat yang disiplin, religius, nasionalis,  produktif  dan  kreatif.




Dalam mewujudkan pembentukan karakter siswa dan siswi di MI Miftahul Huda Kota Probolinggo memilih kegiatan ekstrakurikuler “polisi cilik”, yang mengembangkan nilai karakter yang terbentuk diantaranya  nilai  religius,  nilai kepemimpinan, nilai tanggung jawab, nilai  jujur,  nilai  disiplin,  dan kerja  keras,  mempunyai  rasa  tanggung jawab, saling menghargai,  peduli  sosial  dan  peduli lingkungan.    Tetapi  dalam  kegiatan  ini  yang  dominan  terbentuk  yaitu  karakter  religius,  kerja  keras, tanggung jawab, dan disiplin. 




Ekstra Polisi Kecil dilaksanakan satu kali dalam satu minggu yaitu pada hari jum’at mulai Pukul 15:00 WIB – 16:30 WIB dengan diajarkan  peraturan  baris-berbaris,  aba-aba,  lencang  depan,  setengah  lencang  kanan, hadap kanan, hadap kiri, balik kanan, istirahat di tempat, serong kanan dan kiri, periksa kerapian. Dalam lomba peraturan baris-berbaris (PBB) nilai karakter yang tampak, yaitu jujur, disiplin, kerja keras, tanggung jawab dan menghargai prestasi. Mereka juga mempelajari membentuk formasi dalam kegiatan, dalam kegiatan ini nilai karakter yang tampak, yaitu disiplin, jujur, kekompakan, tanggung jawab.

MI Miftahul Huda akan menjadi lembaga pendidikan yang menjadi tempat sarana membentuk karakter siswa/i.

Dengan kegiatan Ekstrakurikuler “polisi cilik” merupakan salah  satu  strategi  yang  dapat  dilakukan  MI Miftahul Huda  untuk  membentuk  karakter  siswa. secara tidak langsung karakter siswa dan siswi akan  terbentuk mengalir di bawah alam sadar mereka ketika menjalankan peran sebagaimana layaknya sebagai  seorang polisi.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kegiatan Ekstrakurikuler Polisi Cilik MI. Miftahul Huda"

Posting Komentar